General Ledger
Lebih dari sekedar membantu tugas rutin anda menghasilkan laporan keuangan. General menyediakan pilihan software akuntansi general ledger yang tepat dan handal. Sistem dasar keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini. Dan dapat mengantisipasi perkembangan kebutuhan usaha dan sistem baru dimasa datang.
Software akuntansi general ledger cocok digunakan untuk semua jenis usaha baik jasa, dagang maupun pabrik. Untuk semua skala usaha baik besar maupun kecil. Dan tersedia dalam dua pilihan versi: satu mata uang (singgle currency) dan banyak mata uang (multi currency).
Feature utama software akuntansi general ledger:
1. Input Data Lebih Mudah. Selain menggunakan cara input journal biasa. Anda dapat men-design journal voucher yang umum digunakan. Dan menentukan user yang dapat menggunakan journal voucher tersebut. Proses input data menjadi sangat mudah. Bahkan dapat dilakukan sekalipun oleh orang yang minim pengetahuan accounting. Dan dapat mengurangi resiko kesalahan input data yang mungkin terjadi.
2. Multi Currency, Kurs Tengah BI, Kurs Pajak. Software akuntansi general ledger mendukung penggunaan mata uang asing (jenis mata uang tidak terbatas). Dan sesuai standard penerapan akuntansi Indonesia menyediakan dua pilihan kurs: Tengah BI dan Kurs Pajak. Dengan proses perhitungan revaluasi (adjustment selisih kurs) otomatis di akhir bulan.
3. Pendapatan Biaya Proyek, Cabang. Menggunakan fungsi Cost Profit Center yang ada. Anda dapat mengetahui pendapatan biaya ("rugi laba") proyek, cabang, divisi, unit usaha, dsb dengan mudah.
4. Penomoran Account Flexible. Format penomoran account, standard digit grouping account, karakter pemisah, struktur hirarki level group dan sub account bisa di setup sesuai kebutuhan usaha.
5. Integrated AR Dan AP.Software akuntansi GL (General Ledger) sudah terintegrasi langsung dengan modul AR (Account Receivable) dan AP (Account Payable) aging schedule dan payment.
6. Multi User. Sistem general ledger dapat diakses oleh banyak user secara bersamaan. Dengan proteksi nama dan password untuk setiap user pengguna. Hak akses setiap user dapat ditentukan dan dibatasi secara rinci. Dilengkapi fungsi audit trail untuk mencatat aktifitas user.
7. Export Laporan Ke Excel. Laporan selain dapat di print dan tampilkan (preview) ke layar. Dapat di export dan simpan dalam bentuk document Microsoft Excel.
8. Open Integrasi Sistem Lain. Dengan tersedianya SDK (Software Development Kit) memungkinkan software akuntansi general ledger digabungkan ("integrasikan") dengan sistem yang ada saat ini. Atau kebutuhan sistem baru dimasa datang (atau software vendor lain).
9. Database Khusus Financial Accounting. Menggunakan database khusus untuk pengolahan data financial accounting skala besar Microsoft SQL Server (tersedia pilihan free edition). Dapat sepenuhnya menjaminan akurasi perhitungan dan melindungi anda dari masalah kerusakan data, kehilangan data, dsb.
ACCURATE Accounting Software Versi 3
Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi.
Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini adalah:
1. Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
3. Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
6. Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
7. Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
Customer & Vendor
-Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
Purchase Order
-Ada penambahan field Terms, dan FOB
-History PO bisa dilacak dengan mudah.
-Uang muka PO sudah dipindahkan ke form Vendor Payment (d/h: Make Payment).
Purchase Invoice
-Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
-Field Rate dan Fiscal Rate bisa diedit.
-Ongkos kirim yang diisi bisa dibebankan ke vendor yang lain. Berguna bagi importir yang umumnya vendor forwarder-nya berbeda dengan supplier.
-Ongkos kirim dan discount bisa dialokasikan ke cost inventory.
-Item discount di masing-masing detail.
-Purchase Invoice dan Receive Item sudah terpisah. Masing-masing memiliki hak user yang terpisah.
-Penambahan nomor urut agar mempermudah pelacakan dokumen / data.
-Pembayaran (uang muka) bisa menggunakan cek yang tanggalnya berbeda dengan tanggal invoice.
Receive Item
-Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih (Unbilled goods).
-Beberapa penerimaan barang bisa ditagih di dalam satu tagihan (Bill) dan hanya memunculkan 1 invoice yang harus dibayar.
-History penerimaan barang diambil dari PO nomor berapa dan ditagih di Bill nomor berapa dengan mudah dilacak.
Purchase Return (d/h: Debit Memo)
-Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
-Perhitungan cost retur sudah lebih baik.
Vendor Payment (d/h: Make Payment)
-Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah pengarsipan.
-Ada payment date.
-Bisa untuk pembayaran PPN (fiscal payment).
-Bisa melakukan Settlement antara Downpayment PO dengan PI.
Sales Order
-Ditambahkan field Salesman
-Bisa menghitung PPN di SO.
-Bisa dengan mudah mengetahui oleh SI mana telah diproses.
-Dengan mudah mengubah kena pajak/tidak sebuah order.
-Uang muka SO sudah tidak bisa dilakukan langsung lagi, melainkan harus di Customer Receipt.
Sales Invoice / Delivery Order
-Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
Sales invoice telah dipisah dari DO. Masing-masing memiliki hak akses dan penomoran yang berbeda.
-Jurnal DO tidak ke akun piutang lagi.
-Dengan mudah bisa dilihat SI tertentu telah diretur ke mana saja.
-Nomor urut faktur pajak telah disimpan di dalam SI yang bersangkutan.
-Nomor PO sekarang = 20 karakter.
-Invoice dengan mudah bisa di-set kena pajak / tidak.
Sales Return ( d/h :Credit Memo )
-Perbaikan perhitungan cost retur. Saat ini, setiap retur akan mencari cost invoice yang terakhir (metoda Average dan FIFO yang tidak ambil dari SI).
Customer Receipt (d/h: Cash Receipt)
-Write off piutang bisa dilakukan ke lebih dari 1 account.
-History Overpay bisa diketahui siapa yang memanfaatkannya.
-Bisa edit rate pembayaran.
-Bisa melakukan settlement antara downpayment SO dan SI.
Item & Inventory
-Saldo awal (Opening Balance) bisa diisi per gudang.
-Setiap item mempunyai 10 custom field yang masing-masing bisa diisi sampai 80 karakter. --Field ini bisa dipakai untuk menambah informasi khusus bagi user.
-Item sales discount bisa dijurnal ke account yang berbeda dengan invoice discount.
-Dari daftar item bisa diketahui dengan mudah saldo item induk (parent) yang mempunyai hubungan parent-child.
-Tabel Item by Warehouse sudah ditampilkan dalam urutan Parent-child-nya.
-Ada pilihan apakah saldo di gudang diperbolehkan / tidak untuk menjadi minus.
-Pada Item Transfer bisa memunculkan unit price begitu juga untuk report mutasinya (untuk konsinyasi).
-Job costing bisa roll-over ke lebih dari 1 barang.
Fixed Asset (Aset Tetap)
-Revaluasi aset tetap untuk penyesuaian perhitungan penyusutan bila terdapat perbedaan.
-Perbaikan pada jurnal depresiasi
-Bisa mengisi Intangible Asset.
Journal Voucher, Other Payment (d/h: Direct Payment) & Other Deposit:
-Penambahan form Other Deposit untuk penerimaan uang diluar piutang.
-Pemisahan antara form Journal Voucher dan Other Payment sehingga masing-masing bisa -memiliki nomor urut yang berbeda.
-Deskripsi yang lebih panjang (80 karakter).
Laporan (Report)
-Laporan yang lebih lengkap dan tepat.
-Bisa mengatur lebar kolom saat preview.
-Bisa mengganti filter atau mengubah kolom yang ditampilkan sebelum preview.
-Field-field yang berhubungan disediakan di dalam pilihan dengan lebih lengkap.
-Unlimited filter untuk masing-masing kolom.
-Tipe, ukuran dan warna font bisa di-set tanpa perlu masuk ke report designer.
-Untuk setting bahasa Indonesia, semua report sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
-Laporan form 1195 A1, A2, A3, B1, B4 untuk pelaporan PPN bulanan.
-Laporan form 1771, I, II, III, IV, V, VI untuk pelaporan SPT badan tahunan.
-Semua report, setelah di-customized, bisa disimpan menjadi satu report yang baru
Lain-Lain:
-Template bisa set default template.
-Audit trail sekarang juga mencatat transaksi non jurnal.
-Graphical report yang lebih banyak dan informatif.
-Quick setup lebih lengkap, mudah dan mampu import dari berbagai macam file format.
-Penggantian bahasa (Indonesia ke Inggris dan sebaliknya) dapat dilakukan dengan 1 langkah mudah.
-Warna semua table bisa diganti dengan mudah.
-Semua form input sudah mempunyai tombol maximize dan minimize untuk mempermudah mengatur besar form.
Accpac (Accounting Package)
Mencari solusi Accounting Software memang kelihatanya mudah, tetapi pernahkah hal-hal ini muncul dalam perusahaan anda:
-"Software accounting yang sekarang sebenarnya sudah cukup, tetapi sayangnya tidak dapat mengeluarkan beberapa report yang dibutuhkan"
-"Rasanya kita belum menggunakan software ini secara maksimal"
-"Beberapa report masih harus disusun menggunakan excel"
-"Software ini bagus tapi agak rumit digunakannya"
Ada paket software ACCPAC, implementasi yang professional, dan customized add-on modul -- mereka menamakannya Creative Accounting Solution.
Kenapa ACCPAC?
Kebutuhan accounting biasanya cukup standard dan dapat dipenuhi oleh banyak paket software. Ada beberapa accounting software yang dapat disejajarkan dengan ACCPAC dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi melalui pengalaman kami dengan paket software, ada beberapa keuntungan menggunakan ACCPAC, misalnya:
-User interface yang baik sehingga sangat memudahkan user
-Fleksibilitas yang tinggi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia
-Tersedia akses ke database sehingga memungkinkan user untuk menambahkan program baik untuk reporting maupun module sendiri.
-Crystal Report yang sudah termasuk dalam module ACCPAC sangat powerful dalam membuat report.
-Harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan paket lain.
Dengan jumlah client lebih dari 500,000 di 100 negara, ACCPAC menjadi salah satu "best selling" software.
Selain memiliki modul-modul standard accounting seperti GL, AR, AP, Inventory, Order Entry, Purchase Order, Cashbook, ACCPAC juga didukung oleh third-party developers yang membuat bermacam-macam modul lainnya dari Project Costing dan Manufacturing System, sampai ke Inventory Modul khusus untuk Garment Industry.
Beberapa Kelebihan ACCPAC:
-Menggunakan ACCPAC dan modul tambahan untuk menghasilkan product cost (Harga Pokok Produksi)
-Mengintegrasikan software Payroll anda dengan ACCPAC
-Menciptakan informasi untuk executive seperti grafik-grafik finansial yang dapat ditampilkan di PC anda, dari data ACCPAC
-Membuat program alokasi biaya yang rumit dengan menggunakan formula dengan tambahan modul.
The Benefits
ACCPAC berfokus pada keuntungan client. Melalui "Creative Accounting Solution", banyak nilai tambah yang dapat dihasilkan untuk anda:
ACCPAC memberikan keuntungan paket software, seperti sistem yang sudah teruji, siap pakai, user friendly, dan feature yang sangat powerful.
Implementation service mereka dengan metode khusus memberikan anda implementasi yang cepat.
Kemampuan membangun modul tambahan memberikan nilai tambah yang sangat besar dalam memenuhi kebutuhan bisnis anda. Benefit ini dapat dilihat dari dua segi:
-Technology-to-problem. Dengan mengimplementasikan ACCPAC, banyak kemajuan yang dapat terjadi. Informasi dapat dihasilkan lebih cepat dan akurat, sitem control yang baik, dll.
-Problem-to-technology. "Creative Accounting Solution" digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang ada, misalnya masalah cost accounting.
The Case -- ACCPAC and Cost Accounting Module
Sebuah perusahaan manufacturing membutuhkan software accounting yang mudah digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan informasi finansial dan manajemen perusahaan. Tetapi disamping laporan2 tersebut, manajemen juga berkeinginan untuk mendapatkan informasi Harga Pokok Produksi (cost accounting report) untuk barang yang diproduksinya.
Problem: Untuk dapat menghasilkan laporan Harga Pokok Produksi (HPP), dibutuhkan software manufacturing yang biasanya sangat kompleks dan mahal. Solusi yang dijanjikanpun biasanya tidak seperti yang diharapkan, dalam hal laporan HPP-nya.
Creative Solution: BSC (Perusahaan Pemilik ACCPAC) merekomendasikan untuk menggunakan ACCPAC software sebagai accounting softwarenya dan membuat add-on module sederhana untuk perhitungan HPP-nya. Module tambahan ini terintegrasi dengan ACCPAC, sehingga tidak ada double-entry.
Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, silakan menghubungi BSC di 581-9667/582-5348. Mereka akan dengan senang hati mendiskusikan kebutuhan anda (tanpa biaya).
KRISHAND
Software Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax / Krishand PPh 21 merupakan software database yang membantu Anda di dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang telah diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti
KELEBIHANNYA :
1. Cepat dan Akurat : Dengan software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara manual..
2. Praktis : Dapat mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.
3. Review Setiap Saat : Memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.
4. Up to Date : Semua formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir.
5. Membuat kerja lebih efektif, efisien dan hemat waktu
KEKURANGANNYA :
1. Tidak tahu bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.
2. Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3. Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual property Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.
4. Tidak adanya dukungan komersial.
5. Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6. Usabilitas yang masih kurang baik.
7. Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
KELEBIHANNYA :
K-System memberi pilihan untuk anda yang akan melakukan komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System sedang dikembangkan ke Web Based.
KEKURANGANNYA :
1. Untuk keamanan dan purna jual yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan perusahaan.
SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
KELEBIHANNYA :
-Efisien dan mudah digunakan
-Kemampuan reporting yang kompeten
-Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
-Terintegrasi penuh
-Support Windows dan Linux
-Kombinasi desktop base dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul finansial meliputi:
General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:
Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
KEKURANGANNYA :
1. Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.
2. Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3. Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4. Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.
MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
KELEBIHANNYA :
5. User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
6. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
7. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
8. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
9. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
10. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
11. Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.
12. Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
KEKURANGANNYA :
1. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
2. Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
3. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
4. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
5. database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
Kelebihan:
1. Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi
2. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu.
3. bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
4. menyediakan fitur pengelolaan data klien
Kelemahan:
1. Dalam hal perpajakan (MOAE) tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
2. Untuk fitur - fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.
DacEasy Accounting 3.0
Kelebihan:
a. Respon cepat
b. Jarang terkena virus
c. Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan:
a. Tampilan masih hitam putih
b. Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
c. Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
Zahir Accounting
Kelebihan:
a. Mudah digunakan oleh non Akuntan
b. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
c. Faktur dan Laporan dapat Didesain
d. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
e. Menggunakan Database Client Server
f. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
g. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
h. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)
Kelemahan:
a. Harga untuk licensinya mahal
b. tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
c. Hanya memiliki satu mata uang.
0 komentar:
Posting Komentar