I.
Konsep dasar dan pengertian harga pokok produk bersama dan produk
sampingan
Definisi Biaya Bersama
Biaya bersama dapat
diartikan sebagai biaya overhead bersama (joint
overhead cost) yang harus dialokasikan ke berbagai departemen, baik dalam
perusahaan yang kegiatan produksinya berdasarkan pesanan maupun secara masa.
Biaya produk bersama (joint product cost) adalah biaya yang
dikeluarkan sejak saat mula- mula bahan baku diolah sampai dengan saat berbagai
macam produk dapat dipisahkan identitasnya. Biaya produk bersama terdiri dari
biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.
Tujuan alokasi
biaya bersama adalah untuk PENGHITUNGAN LABA agar diketahui kontribusi
masing-masing produk bersama terhadap seluruh laba yang diperoleh perusahaan
Biaya bersama yang dikeluarkan untuk
mengolah Bahan Baku menjadi berbagai
macam produk berupa:
1.
Produk Bersama
(Joint product) adalah beberapa produk yang dihasilkan dari suatu rangkaian
proses produksi secara serentak dengan
menggunakan BBB, BTK dan BOP yang sama yang tidak dapat dilacak atau dipisahkan
pada setiap produk dan mempunyai nilai jual atau kuantitas produk relatif sama
2.
Produk
Sampingan (by-product) adalah produk yang nilai jualnya lebih rendah yang
diproduksi bersama produk lain yang nilai jualnya lebih tinggi.
3.
Produk Sekutu
(co-product) adalah dua produk atau lebih yang diproduksi pada waktu
yang bersamaan tetapi tidak dari kegiatan pengolahan yang sama atau tidak
berasal dari BB yang sama. (Sawmill/penggergajian kayu)
Karakteristik Produk Bersama
·
Produk bersama merupakan tujuan utama kegiatan produksi.
·
Harga jual produk bersama relatif tinggi bila di bandingkan dengan
produk sampingan yang dihasilkan pada saat yang sama.
·
Dalam mengelola produk bersama tertentu, produsen tidak dapat
menghindari diri untuk menghasilkan semua jenis produk bersama, jika ingin
memproduksi hanya salah satu diantara produk bersama tersebut.
Ciri
Produk Bersama
·
Mempunyai hubungan fisik yang erat, jika ada tambahan
kuantitas untuk unit produksi yang lain, maka kuantitas produk yang lain akan
bertambah secara proporsional.
·
Nilai produk sama
·
Ada titik pisah/split off masing-masing jenis produk yang
dihasilkan dari BBB, BTK dan BOP yang telah dinikmati bersama-sama.
·
Setelah Split off produk berdiri sendiri mungkin langsung
dijual atau diproses lebih lanjut untuk mendapatkan produk yang lebih
menguntungkan
Definisi Produk Sampingan
Produk sampingan adalah
suatu produk atau lebih yang nilai jualnya relatif lebih rendah, yang di
produksi bersama dengan produk lainnya yang nilai jualnya jauh lebih tinggi.
Karakteristik Produk Sampingan
·
Produk sampingan yang dapat dijual setelah terpisah dari produk
utama, tanpa memerlukan pengolahan lebih lanjut.
·
Produk sampingan yang memerlukan pengolahan lebih lanjut setelah
terpisah dari produk utama.
0 komentar:
Posting Komentar