Pages

Welcome Myspace Comments




Rabu

Analisis Proses Pembelian ( Pembelian Multi Vitamin )

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda- beda dan kebutuhan seseorang satu dengan yang lain pasti memiliki kebutuhan masing – masing. Demikian pula dengan cara pemenuhan kebutuhan tersebut.  Kebutuhan ini biasanya diinginkan suatu seseorang untuk keperluan nya. Biasanya konsumen melihat dari fisik suatu produk itu baik ada tidak, kualitas nya baik atau tidak, dan harganya pun biasanya menjadi syarat yang konsumen inginkan.
Sebagai manusia yang di ciptakan Tuhan, Manusia pastinya memiliki akal. Dan sebagai manusia berakal, manusia berusaha memenuhi kebutuhannya dengan bijaksana dan memanfaatkan kebutuhan itu dengan sebaik- baiknya dan se-efisien mungkin. Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi.
Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.
Dalam kehidupan diperkotaan tentunya kebutuhan akan multivitamin sangat diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh. Karena diperkotaan sangat dikotori polusi dari pabrik. Dan apabila kita tidak ingin terkena dampak dari polusi udara tersebut, kita harus pandai- pandai mengatur pola hidup. Dan banyak- banyak mengkonsumsi semacam multivitamin.
Pada pembahasan mengenai proses pembelian ini multivitamin, khususnya Multivitamin yang banyak mengandung Vitamin C yang bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer sekarang ini. Objek yang akan saya amati adalah Saya Sendiri.
Proses awal untuk melakukan pembelian adalah menganalisa keinginan dan kebutuhan. Keinginan dan kebutuhan yang akan kita amati adalah kebutuhan akan Multi Vitamin C oleh Saya. setelah saya mengetahui kebutuhan apa yang akan dipenuhi, yang akan saya lakukan adalah menilai beberapa sumber yang didapat. Sumber ini menjelaskan beberapa informasi terkait dengan MultVitamin yang akan dikonsumsi oleh saya. hal yang saya inginkan dan butuhkan adalah multi vitamin. Setelah saya mengetahui apa yang saya butuhkan maka langkah selanjutnya yang ia lakukan adalah menilai beberapa sumber beliau mulai mencari tau tentang cream pelembab dari beberapa merk ia mencari tau dari beberapa informasi tersebut diantaranya mengenai merk multi vitamin, kegunaan, Kandungan multi vitamin, efek samping, cara penggunaan, kelebihan dan kekurangan serta harga Multi vitamin tersebut. Informasi bisa didapat di televisi, majalah, koran, brosur, atau media lainnya.. Pada tahap ini, ayah saya mulai menilai, jenis Multivitamin manakah yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan dan manfaatnya bagi saya. Tahap selanjutnya adalah menetapkan tujuan pembelian. Tujuan saya membeli Multivitamin adalah tentunya agar terhindar dari buruknya pengaruh polusi udara serta pengaruh buruk lain di perkotaan. setelah itu, mengidentifikasi cara pembayaran, apakah akan membelinya dengan mengunakan uang cash atau memalui kartu credit, karena harga produk multi vitamin harganya tidak terlalu mahal maka saya lebih memilih mengunakan uang cash untuk proses pembelian karena Multi vitamin yang saya pilih sesuai kebutuhan dan selain itu harganya terjangkau. Selanjutnya adalah mengambil keputusan untuk membeli multi vitamin tersebut. saya membeli multi vitamin tersebut di salah satu apotek yang sudah dikenal yang ada di kota depok. Setelah melakukan pembelian, tentunya ada perilaku setelah pembelian. Dalam hal ini, saya merasa puas karena sudah bisa memenuhi kebutuhan saya saat ini. Karena dengan adanya multi vitamin tersebut saya terlindung dari bahaya lingkungan perkotaan.
Dari contoh proses pembelian di atas, proses pembelian memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain pengalaman, sikap dan kepercayaan, konsep diri, kebudayaan, klas sosial, kelompok referensi kecil dan keluarga. Pengalaman merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelian karena setiap orang tentunya tidak ingin salah pilih. Oleh sebab itu, informasi terdahulu ataupun pengalaman orang lain sangat dibutuhkan untuk menentukan proses pembelian. Faktor selanjutnya adalah sikap dan kepercayaan yang berarti marketing dari suatu produk harus bisa meyakinkan konsumen atau calon konsumen bahwa produk yang ditawarkan adalah produk yang terbaik untuk bisa dikonsumsi daripada produk pesaingnya dan memberikan beberapa bukti supaya para konsumen memiliki kepercayaan akan produk tersebut.

Senin

Perilaku Pasar Konsumen

Apakah anda tahu kapan konsumen memutuskan membeli produk anda? Saya sendiri tidak. Yang saya bisa cuma memperkirakan saja. Bisa jadi yang saya duga membeli, ternyata tidak. Sebaliknya, yang tidak ternyata membeli.
Yang bisa saya upayakan hanya berusaha memberi pelayanan terbaik, menjaga hubungan dengan mereka, dan mengupayakan segala faktor yang mendukung terjadinya penjualan berjalan lancar. Selebihnya keputusan final tetap ada di tangan konsumen.
Nah, soal perilaku konsumen ini, para pakar marketing sering berkata begini: “konsumen membeli saat mereka siap membeli dan bukan ketika anda siap menjual.” Apa maksudnya?
Maksudnya, tak peduli seberapa baik produk atau layanan anda, calon konsumen tetap tak akan membeli selama mereka belum siap membeli. Sekalipun mungkin mereka selama ini telah menjadi konsumen anda, kalau mereka belum siap membeli lagi, penjualan tak akan terjadi.
Penyebab ketidaksiapannya bisa bermacam-macam. Mungkin mereka sedang kesulitan keuangan. Atau bisa saja harus memprioritaskan membeli susu buat anak mereka dan membayar uang sekolah. Barangkali juga cicilan kredit sedang jatuh tempo, dan banyak lagi penyebab yang menurut mereka penting dan perlu didahulukan.
Dalam kondisi semacam ini, sebaik apapun produk anda, menjadi kurang berarti. Karena tak didukung kemampuan daya beli konsumen. Tapi bukan berarti mereka tak jadi membeli. Mereka hanya menunda saja karena ada kebutuhan lain yang menurutnya lebih mendesak. Tugas kita sebagai pebisnis adalah menjaga hubungan sampai masa penundaaan itu berakhir. Sampai ketika mereka mengatakan “Ya saya siap membeli produk anda”, anda selalu siap menyambutnya dengan tangan terbuka.
Memang perilaku konsumen kadang sulit ditebak. Bisa saja mereka langsung membeli produk anda pada detik ini juga. Tapi bisa juga tidak. Jika mereka siap, baru mereka membeli. Artinya kita tak tahu kapan konsumen memutuskan membeli. Bisa saja yang kita kira akan membeli, ternyata mendadak ada kondisi darurat yang membuatnya menunda membeli.
Kalau itu yang terjadi, bukan lalu kita meninggalkannya. Tapi sebaliknya kita harus tetap jaga hubungan dengannya.
Maka penting untuk selalu mem-follow up para prospek dan menjaga hubungan dengan para konsumen anda secara rutin. Ya, menjaga hubungan secara kontinu adalah tantangan sekaligus kunci sukses bisnis 
Dalam dunia bisnis, adalah hal yang wajib untuk memuaskan konsumen. Sering kali kita juga mendegar kalimat “konsumen adalah raja”. Tapi yang menjadi pertanyaan bagi sebagian pengusaha adalah bagaimana kita memuaskan konsumen? Bagaimana caranya agar konsumen kita tidak lari atau beralih ke produsen lain? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah mempelajari atau mengenal lebih lanjut tentang perilaku konsumen tersebut. Karena setiap konsumen memiliki pandangan atau interest yang berbeda pada sebuah produk.
Yang akan dibahas dalam tulisan kali ini adalah tentang perilaku konsumen. Apa itu perilaku konsumen? Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.
Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
Analisis tentang berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Ya, pemasar wajib memahami konsumen, seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.

Informasi Statistik.

Informasi statistik adalah digunakan untuk membantu menjawab siapa, apa, berapa, kapan dan dimana pembelian dilakukan. Melalui pertanyaan-pertanyaan itu maka akan terjawab

1)   Apa produk yang di konsumsi ?
Jawab: produk yang di konsumsi oleh saya kali ini adalah Susu Hi- Lo Mocca
2)   Siapa yang mengkonsumsi produk ini ?
Jawab: yang mengkonsumsi produk ini adalah saya sendiri sebelum memulai ativitas, saya selalu mengkonsumsi susu ini.
3)   Berapa harga susu Hi- Lo Mocca tersebut ?
Jawab: harga yang ditawarkan pada produk susu ini adalah Rp. 40.000/ 2 pack. Saya membeli 2 pack sekaligus dikarenakan, jika membeli 2 pack sekaligus kita mendapat 1 buah gelas, dan tentu kita tidak perlu rutin ke supermarket jika kita kehabisan persediaan susu ini.
4)   Kapan biasanya produk ini dibeli ?
Jawab: saya membeli produk ini setiap 1 bulan sekali. Karena saya setiap bulan membeli 2 pack langsung. Sebagai anak kuliah yang disibukkan aktivitas lain, saya perlu mengatur jadwal kapan saya membeli produk tersebut.
5)   Di mana anda membeli produk tersebut ?
Jawab: saya membeli produk tersebut langsung di supermarket. Karena di supermarket langsung ada penjualang untuk 2 pack. Sedangkan di minimarket atau di toko- toko jarang sekali ditemukan.

Informasi Psikolojik

Informasi psikolojik adalah digunakan untuk menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. Karena meliputi peranan motivasi, persepsi pemahaman, sikap, kepercayaan yang mendasari seseorang untuk mengambil sebuah keputusan membeli atau tidak membeli.

*  MOTIVASI
Saya membeli produk susu tersebut karena termotivasi untuk hidup sehat. Sehingga saya tidak kekurangan kalsium dan protein yang terkandung dalam produk susu tersebut.
*  PERSEPSI
Berdasarkan pengalaman pribadi saya telah banyak mencoba mengkonsumsi berbagai macam susu bubuk berkalsium di pasaran, saya lebih memilih Susu Hi- Lo Mocca karena selain saya sangat menyukai Mocca, susu ini juga mengandung kadar kalsium dan protein yang sangat tinggi untuk pembentukan tulang dan gigi.
*  KEPERCAYAAN
sebelum susu saya selalu melihat unsur yang terkandung dalam susu tersebut dan membandingkan unsur tersebut dengan produk susu lain. Begitu susu tersebut telah memenuhi kualifikasi saya maka saya memutuskan untuk mengkonsumsi produk tersebut.
*  SIKAP
Keputusan membeli atau tidak membeli merupakan jawaban dari sikap seseorang.dalam menentukan produk susu Hi- Lo ini banyak di terima oleh masyarakat.

Dari pernyataan diatas,saya ambil kesimpulan. saya membeli produk ini karena sudah terjamin khasiat dari susu ini. Bisa dibilang susu Hi Lo ini sudah mejadi kepercayaan bagi saya dan orangtua saya yang tidak mau anaknya mengkonsumsi susu yang sembarangan untuk pembentukan tulang dan membuat aktivitas sehari- hari menjadi bersemangat. Dan susu Hi- Lo ini rasanya juga enak karena ada rasa Mocca yang sangat saya sukai serta banyak disukai para anak muda sekarang. dalam produk susu Hi- Lo ini diperkaya dengan campuran vitamin & mineral (vitamin A, B, C, D, E, K), kalsium, magnesium, fosfor ,seng, dan lodium, magnesium, fosfor, seng dan di suplementasi dengan glukosamin dan kondroitin ini sangat penting bagi tulang  dan pembentukannya, jadi susu Hi- Lo ini sangat bagus dan cocok saya.

Informasi Dinamika

Informasi dinamik adalah disini menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi. Proses pembelian merupakan proses individu untuk mengatasi persoalan yang di hadapi konsumen dalam usaha memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Saya membeli produk susu Hi- Lo ini karena susu Hi- Lo ini sangat dibutuhkan untuk saya. Selain untuk menghadapi rutinitas menjadi mahasiswa juga untuk pembentukan tulang. Susu HI- Lo ini saya beli  ketika produk ini sudah habis dipakai.
Saya membeli produk ini setiap 1 bulan dan ini sudah menjadi rutinitas bagi saya. Seiring berjalannnya waktu pasti adanya perubahan terhadap perilaku pasar dimasa sekarang maupun yang dimasa yang akan datang.
Mungkin nanti dimasa yang akan datang akan ada lagi susu yang memiliki kelebihan dibanding dengan susu Hi- Lo. Atau mungkin produk susu Hi- Lo ini akan menjadi lebih bagus diterima masyarakat.
Jadi intinya perilaku pasar tidak tetap selalu berubah- ubah dari masa sekarang ke masa yang akan datang.

Sabtu

Jet Lag Bisa Bikin Bego

Apakah Anda sering bepergian dan terbang melewati zona waktu yang berbeda, terus merasa sulit berpikir normal? Ataukah Anda merasa saudara atau teman yang baru balik dari luar negeri agak tidak nyambung kalau diajak ngobrol? Sebuah penelitian membuktikan, ternyata jet lag bisa menimbulkan efek tak bagus terhadap kecerdasan dan daya ingat.

Sebuah studi yang dipresentasikan di pertemuan tahunan Society for Neuroscience Senin lalu menemukan, hamster percobaan yang mengalami jet-lag yang ekstrim dan kronis ternyata memiliki kemampuan belajar yabng merosot dan memori yang rendah.

Tidak hanya terhadap kecerdasan, menurut Erin Gibson, peneliti dari Universitas California, Berkeley, jet-lag juga merupakan ancaman yang serius terhadap kesehatan. Studi ini menunjukkan bahwa orang yang jenis pekerjaannya mengharuskan dia kerap mengubah pola tidurnya memiliki potensi yang tinggi mengidap penyakit-penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker.

Gibson dan koleganya membuat jadwal tertentu buat hamster percobaan ini dengan cara memajukan jadwal siang dan malam buat hewan ini selama enam jam setiap tiga hari dalam periode hampir satu bulan. “Tak ubahnya naik penerbangan dari New York ke Paris setiap tiga hari,” ujarnya seperti dikutip Wired.com. Jumlah total tidur sang hamster sejatinya tidak berubah, tapi jam-jam bangun dan tidur betul-betul berubah.

Jadi kalau Anda sering-sering bepergian jauh naik pesawat, jangan lupa sering-sering baca buku supaya tetap pintar dan tidak pelupa…

Jumat

Astronom RI Temukan Planet Alien Galaksi Lain

Temuan Planet HIP 13044b memberi gambaran nasib masa depan Bumi dan tata surya.


Para astronom telah mengkonfirmasi temuan planet alien (asing) di Galaksi Bima Sakti yang datang dari galaksi lain. Namanya, Planet HIP 13044b yang mengorbit bintang tua, HIP 13044.

Planet mirip Yupiter ini sebenarnya lahir di galaksi lain, namun kemudian ditangkap oleh Bima Sakti sekitar 6 sampai 9 miliar tahun yang lalu. Efek samping dari kanibalisme galaksi membawa sebuah planet yang dulunya jauh kini berada dalam jangkauan para astronom untuk kali pertamanya.

Planet ini ditemukan oleh tim astronom dari Max-Planck-Institut fur Astronomie (MPIA), Heidelberg, Jerman. Tim peneliti meneliti pergerakan HIP 13044 menggunakan teleskop di sebuah observatorium di selatan Eropa, La Silla Observatory di Chile.

Setelah enam bulan pengamatan, mereka meneteksi gerakan-gerakan kecil yang melawan tarikan gravitasi planet yang mengorbit.

Yang membuat bangga, astronom asal Indonesia, Johny Setiawan didaulat jadi pemimpin proyeknya.

"Bagi saya, itu adalah kejutan besar," kata pemimpin tim, Johny Setiawan dari MPIA, speerti dimuat SPACE.com, 18 November 2010. "Kami tidak mengharapkan itu pada awalnya."

Tim peneliti yang dipimpin Johny Setiawan membeberkan hasil observasinya secara online dalam situs Science edisi 18 November.

Ukuran planet ini 25 persen lebih besar dari Jupiter. Ia mengorbit bintang HIP 13044 yang jaraknya 2.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Fornax.

Planet HIP 13044b berada sangat dekat dengan bintangnya itu. Jarak terdekat dengan bintang induk sekitar 8 juta kilometer atau 5,5 persen jarak Bumi dan Matahari. Planet menyelesaikan orbit setiap 16,2 hari.

HIP 13044b selamat dari fase penuaan bintang -- yang juga akan dialami Matahari sekitar 5 miliar tahun lagi.

Penemuan ini memaksa para astronom memikirkan kembali ide-ide mereka tentang formasi planet dan kelangsungan hidupnya. Apalagi, ini adalah planet pertama yang ditemukan mengelilingi bintang yang sangat tua dan miskin logam.

Johny setiawan memperkirakan, nanti, saat Matahari memasuki fase penuaan, menjadi raksasa merah, Bumi mungkin tak akan selamat.

"Planet-planet dalam, termasuk Bumi, mungkin tidak akan bertahan hidup," kata Johny Setiawan.

"Tapi Jupiter, Saturnus dan planet-planet luar mungkin pindah mendekat ke orbitnya, persis seperti yang kami deteksi."

Dalam kasus HIP 13044b, planet ini adalah korban yang selamat. Namun, ia tak akan hidup selamanya. Sebab, bintang induknya akan terus berkembang dalam tahap evolusi berikutnya. Planet ini akan tertelan.

Sekilas tentang Johny Setiawan


Johny Setiawan adalah astrofisikawan muda asal Indonesia yang bekerja di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA), Jerman. Hebatnya, ia orang non-Jerman yang dipercaya sebagai ketua tim proyek.

Pria kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1974 ini menamatkan S-1 dan S-3-nya di Freiburg, Jerman.

Sebelumnya, engan teleskop 2,2 meter di La Silla, Cile, Johny berhasil menemukan planet baru: HD 11977 B. Planet ini berjarak 200 tahun cahaya dari bumi . Planet berukuran 6,5 kali Jupiter ini mengitari bintang raksasa HD 11977A. Sebelum merilis temuannya, Mei lalu, Setiawan memelototi bintang itu sejak 1999.

Sebelumnya, pemuda kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1974, ini juga menemukan dua bintang raksasa baru, HD 47536B dan HD 122430B, pada 2003.

CEO Muda Bergaji Miliaran Rupiah per Bulan

Posisi nomor satu dipegang eksekutif kasino dengan penghasilan Rp11 miliar per bulan


Baru-baru ini, majalah terkemuka Fortune merilis para eksekutif muda tajir. Mereka rata-rata masih berusia di bawah 40 tahun. Namun, mereka umumnya memperoleh penghasilan miliaran rupiah setiap bulannya.

Fortune mencatat 20 orang dari para eksekutif muda berpenghasilan tinggi di dunia. Fortune mengacu pada riset yang dilakukan oleh Equilar Inc, sebuah perusahaan riset gaji para eksekutif yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Equilar menyusun daftar mengacu pada Fortune 1000 yang dihitung dari tahun fiskal 1 Juli 2009 hingga 30 Juni 2010. Mereka yang masuk daftar 20 eksekutif bergaji tertinggi harus kandidat yang berusia maksimal 39 tahun pada 1 Oktober 2010.

Penghasilan yang dihitung mencakup gaji yang diterima, pembayaran bonus berdasarkan kinerja, penghargaan berupa saham baru dan kompensasi lainnya.

Dari hasil riset tersebut, diketahui bahwa seorang eksekutif dari perusahaan properti yang memiliki penginapan, hotel dan kasino Wynn Resorts. Berusia 34 tahun, Matt Maddox menjabat sebagai Kepala Eksekutif Keuangan Wynn Resorts Ltd.

Kendati umur baru kepala tiga, namun penghasilannya dalam setahun sebesar US$15 juta atau Rp135 miliar pada 2009. Untuk bonusnya saja tercatat sebesar US$6,429 juta atau setara dengan Rp57,869 miliar setahun atau Rp4,8 miliar sebulan. Jika dirata-rata per bulan, Maddox mengantongi Rp11,25 miliar.


Posisi kedua ditempati oleh James Murdoch adalah putra taipan media Rupert Murdoch. Dia menjadi penerus kerajaan bisnis orang tuanya, khususnya memegang sejumlah stasiun televisi dan media untuk kawasan Asia dan Eropa. James Murdoch merupakan Kepala dan CEO News Corp. Usia baru 37 tahun, James memperoleh kompensasi mencapai US$8,8 juta atau Rp79 miliar setahun.

3. Mike Mikan
Jabatannya Kepala Eksekutif Keuangan & EVP UnitedHealth Group. Usia 39 tahun, namun dia memperoleh kompensasi penghasilan sebesar US$5,8 juta atau Rp52 miliar setahun.

4. James P Fortescue
Menjabat Direktur Pelaksana Annaly Capital Management. Usianya baru 36 tahun. Total kompensasi penghasilan yang diperolehnya sebesar US$5,6 juta atau Rp50,4 miliar dalam setahun.

5. Keith A Meister
Jabatannya sebagai Wakil Kepala di Icahn Enterprises. Usianya baru 37 tahun. Total kompensasi yang diperoleh sebesar US$5,3 juta atau Rp48 miliar selama setahun.

6. Wilford H Fuller
Menjabat Presiden & Kepala Eksekutif Korporat di Lincoln Financial Distribution. Berusia 39 tahun, eksekutif ini memperoleh kompensasi sebesar US$5 juta atau Rp45 miliar selama setahun.


7. Christa Davies
Menjabat Kepala Eksekutif Keuangan di Global Finance Aon Corp. Berusia 39 tahun, eksekutif wanita ini memperoleh kompensasi US$3,8 juta atau Rp34 miliar dalam setahun.

8. Adam J Greenlee
Memegang jabatan Kepala Eksekutif Operasional di Silgan Holdings. Berusia 36 tahun, Adam memperoleh kompensasi sebesar US$3,4 juta atau Rp30,6 miliar dalam setahun.

9. Peter Leav
Memegang jabatan Senior Wakil Presiden Bidang Penjualan Internasional di NCR Corp. Berusia 39 tahun, Peter memperoleh kompensasi sebesar US$3,1 juta atau Rp28 miliar setahun.

10. Jonathan Thayer
Jabatannya, Kepala Eksekutif Keuangan dan Senior Wakil Presiden di Constellation Energy. Berusia 39 tahun, Jonathan memperoleh penghasilan sebesar US$2,9 juta atau Rp26 miliar setahun.






Komentar

My Visitors

free counters