Pages

Welcome Myspace Comments




Minggu

Pemasaran VS Penjualan

Bab I


Makalah ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar Pemasaran, yang isinya membahas tentang perbedaan penjualan dan pemasaran. Dimana kedua kata ini Penjualan dan Pemasaran merupakan topik utama pembahasan dalam tugas mata kuliah Dasar Pemasaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami ruang lingkup materi yang mereka pelajari maka dari itu dosen pembimbing menugaskan penulisan makalah ini.
Dengan sistematika penulisan terdiri dari pendahuluan, isi, kesimpulan dan pustaka diharapkan makalah ini memberi pemahaman yang baik  untuk penulis dan pembaca.
            Seringkali dalam pengartian pemasaran ini kebanyakan orang mengatakan pemasaran itu sama dengan penjualan atau periklanan. Padahal, penjualan dan periklanan  hanyalah salah satu dari berbagai fungsi dari pemasaran, dan seringkali bukan merupakan bagian terpenting dalam pemasaran
Kedua hal diatas adalah beda dari segi apapun. Yang terjadi salah persepsi karena kedua hal tersebut sering digabungkan menjadi satu Ruang Lingkup. Persamaannya adalah sama-sama jenis pekerjaan. Contoh gampangnya
HITAM PUTIH-nya persoalan = Dua hal yang berbeda dijadikan satu menghasilkan persepsi satu hal.Persamaannya adalah sama-sama sebagai warna selebihnya bertolak belakang.
Mengapa di gabungkan ? Ada banyak hal, 1.diantaranya sipmbuat strategy (MARKETER)harus bisa sekaligus mengeksekusinya ( SALES PERSON ) 2.Menghemat anggaran biaya kalo digabungin. 3.Supaya gampang mengevaluasi pekerjaan keduanya 4.dsb
Disadari makalah ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan. Dan semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua.




Bab II

Isi

Ada banyak kebingungan tentang perbedaan antara pemasaran dan penjualan. Pemasaran sebenarnya tindakan ‘membawa produk ke pasar’. Menjual adalah tentang menutup penjualan dan mengubah calon pembeli menjadi pelanggan. Penutupan penjualan juga disebut konversi.
Pemasaran terutama tentang penelitian – mengidentifikasi pembeli potensial dan kemudian mencari cara terbaik untuk memperkenalkan produk Anda kepada mereka. Hal ini biasanya melibatkan beberapa bentuk iklan. Ketika Anda telah mengidentifikasi calon pelanggan, pemasar akan mengembangkan apa yang disebut sebagai ‘pesan pemasaran’ untuk mencoba dan menjangkau mereka. Semakin pesan ini bergema dengan apa yang calon pelanggan butuhkan atau inginkan, semakin besar kemungkinan Anda akan dapat menjual produk atau jasa Anda kepada mereka.
Pemasaran dan penjualan yang sering tumpang tindih ke dalam apa yang disebut ‘lapangan’. Ini adalah bagaimana Anda menyampaikan pesan pemasaran dan adalah bagaimana pemasaran berubah menjadi penjualan.
Jual adalah keberatan tentang mengatasi. Ini adalah teknik 12:59 mana penjual membantu pembeli untuk mencapai keputusan. Sebagai bagian dari proses pemasaran, Anda harus menemukan keberatan potensi yang mungkin mencegah
Seseorang membeli apa yang Anda miliki untuk dijual. Menjual adalah ketika semua riset pemasaran diterapkan pada titik penjualan. Semakin baik Anda mengetahui potensi keberatan pelanggan, semakin besar kesempatan Anda telah membuat penjualan kepada mereka.
Pemasaran adalah sebuah seni serta permainan angka. Para pemasar terbaik tahu bagaimana meraih pelanggan prospektif, yang lebih dari sekedar hitung-menghitung. Mereka tahu bagaimana membuat orang kutu dan apa yang membuat mereka membeli.
PEMASARAN = PENJUALAN
Kedua hal diatas adalah beda dari segi apapun. Yang terjadi salah persepsi karena kedua hal tersebut sering digabungkan menjadi satu Departemen / Ruang Lingkup. Persamaannya adalah sama-sama jenis pekerjaan
Dalam buku terbaru Great Branding and Marketing. arti marketing sebagai proses pemahaman ekspektasi konsumen dan menginterpretasikannya melalui pengembangan produk dalam rangka menciptakan nilai bagi stakeholder dan mengenalkannya ke pasar.
Marketing ya marketing saja. Marketing tidak perlu memasukkan selling atau segala macam tetek-bengek kegiatan operasional perusahaan. Kalau marketing ingin memasukkan semuanya, maka marketing tidak akan bermakna apa-apa.
Dalam 20 tahun terakhir ini marketing naik daun dan diberi banyak harapan. Kegagalan bisnis seringkali diartikan sebagai kegagalan marketing, demikian juga keberhasilan bisnis seringkali diakui sebagai kehebatan marketing. Mengapa? Karena marketing diartikan segala-galanya. Marketing dipaksa memasukkan promosi, branding, public relations, pelayanan, distribusi, penjualan, penetapan harga, pengembangan produk, riset dan segala macam tugas perusahaan. Pengenalan 4 P (product, price, place dan promotion) sebagai marketing mix oleh Kottler dan konco-konconya menjadi penyebab perkembangan pengertian marketing yang seperti itu.
Pada 2004, AMA mengartikan marketing sebagai an organizational function and a set of processes for creating, communicating and delivering value to customers and for managing customer relationships in ways that benefit the organization and its stakeholders.
Sementara pada Oktober 2007, AMA memaknai marketing sebagai the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large.
Marketing adalah sebuah proses yang mengawali terbentuknya barang dan jasa, yang diikuti dengan proses produksi, penetapan harga, promosi, dan distribusinya ke konsumen. Pada perusahaan besar, fungsi dasar marketing merupakan awal dari diproduksinya sebuah produk, yaitu meliputi riset pasar dan pengembangan produk, desain, serta proses uji coba.
Mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini, kita tidak rancu lagi menyebut diri sebagai orang pemasaran, orang penjualan atau orang servis. Pemasaran tidak sama dengan servis, pemasaran juga bukan penjualan.




Bab III


            Jelas saja pemasran itu berbeda dengan penjualan dilihat dari artinya Pemasaran adalah strategi- strategi yang digunakan untuk menghasilkan suatu penjualan. TINDAKANNYA biasa menyangkut 4P( Product,Price,Place,PROMOTION). Dan Penjualan adalah Upaya upaya yang dilakukan untuk meraih pesanan pembelian
TINDAKANNYA = Melakukan kontak dengan calon pembeli, Menyampaikan pesan penjualan ( Diantaranya product knowledge ) dan meraih penjualan ( Close the sales ).


Daftar Referensi

0 komentar:






Komentar

My Visitors

free counters