Pages

Welcome Myspace Comments




Rabu

Suasana Perkuliahan di Universitas Gunadarma Kampus E

suasana Pembelajaran di Kampus E tidak seperti perkuliahan di kampus D yang letaknya dekat dengan lalu lintas kereta api, di kampus E ini perkuliahan semakin nyaman dan kondusif. karena kampus E terletak di Kelapa Dua Depok. tepatnya di jalan akses UI yang juga terdapat dua kampus lain di daerah ini. di kampus E terdapat 5 gedung, dimana di setiap gedung terdapat 4 lantai dan disetiap lantai terdapatpaling banyak 8 ruangan dan di beri fasilitas AC sebanyak 2 buah/ kelas. setiap gedung di hubung oleh jembatan/ tangga penghubung antara gedung satu ke gedung lainnya. Untuk keperluan proses belajar mengajar ruang kuliah dilengkapi dengan peralatan yang sangat menunjang, diantaranya adalah: OHP, Tape Recorder, Pengeras Suara Sentral Sound System, Komputer Proyektor, Slide Proyektor dan lain-lain.

Tapi meskipun dengan fasilitas seperti itu belum tentu juga perkuliahan berjalan dengan lancar. Suasana perkuliahan berjalan sebagaimana mestinya, dimana dosen memberikan perkuliahan terhadap mahasiswanya. Terkadang dosennya sendiri membuat perkuliahan tidak berjalan semestinya karena datang terlambat dari jadwal yang sudah di buat dan tidak masuk. Tetapi tidak semua dosen melakukan tindakkan tersebut, karena dosen tersebut di dasari oleh keinginan mereka untuk memberi ilmu kepada mahasiswanya.

Mahasiswa juga dapat membuat perkuliahan tidak berjalan semestinya. Karena mahasiswa tersebut juga sering Bolos atau tidak masuk kuliah dan sering kali 
berbicara kepada temannya pada saat perkuliahan belangsung.
 
kenyamanan kelas yang dipakai pun menjadi alasan utama bagi jalannya perkuliahan. karena seperti di ruangan yang saya pakai pada hari senin dan selasa di E231 , kelas tersebut mempunyai satu buah lampu yang berkedip- kedip sehingga mahasiswa kurang fokus pikirannya.

pada hari kamis kami memakai ruangan E322. disana sangat tidak nyaman karena kelas tersebut memiliki 2 AC tetapi AC tersebut seakan mati dan di biarkan begitu saja sehingga seluruh mahasiswa menjadi gerah jika dikelas tersebut. dan lagi- lagi mahasiswa menjadi tidak betah di HotClass tersebut.

di kelas, mahasiswa setelah selesai mata kuliah biasanya duduk- duduk didepan koridor depan kelas. karena selain sejuk, koridor tersebut bisa membuat melepas penat dan lelah ngobrol dengan teman- teman mahasiswa. untuk jaringan Wifi juga ada di koridor. tapi sayang, jaringan tersebut tidak masuk sampai ruangan kelas. di koridor pun sinyalnya jelek sehingga lebih baik menggunakan modem.



fasilitas yang terdapat di Kampus E Universitas Gunadarma ini, adalah:

1. perpustakaan

Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.

Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi dan audio visual telah dikembangkan perpustakaan audio visual UG. Perpustakaan audio visual tersebut dilengkapi dengan peralatan televisi dan video pendidikan. Untuk pengadaan modul film dan video pendidikan, perpustakaan tersebut dilengkapi dengan studio untuk melakukan pembuatan film dan modul pendidikan dalam bentuk slide serta rekaman video. Sampai saat ini masih dikembangkan dan diproduksi film dan video pendidikan untuk setiap mata kuliah yang diberikan di UG. Para mahasiswa, dosen, dan karyawan serta pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan utama di perpustakaan audio visual pada intinya adalah menyediakan fasilitas belajar mandiri bagi dosen dan seluruh mahasiswa gunadarma. Kegiatan belajar mandiri ini dilakukan dengan menggunakan Seperangkat TV 14 inci dengan video tape recorder dan ear shet, sehingga dapat dilakukan belajar mandiri.

2. Internet Lounge

Internet lounge adalah ruang yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk akses internet secara gratis. Fasilitas ini terdapat di kampus D, kampus E dan kampus J. Fasilitas ini dapat digunakan mahasiswa dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa dan sebelumnya mahasiswa tersebut sudah mengaktifkan studentsite). Tiap lounge berisi 20 terminal dan pemakaiannya dibatasi maksimal 20 menit untuk tiap user. Selama berada di lounge, mahasiswa wajib mentaati tata tertib yang telah ditentukan.



sebenarnya Internet Lounge ini sangat sia- sia dipakai hanya 20 menit. karena untuk mahasiswa baru seperti saya dengan sejuta tugas yang menumpuk dan kebanyakan memakai internet tidak cukup hanya 20 menit. seandainya di ganti menjadi 1 jam pemakaian maksimal sungguh suatu keajaiban (mungkin!!)


3. tempat parkir

Tempat parkir motor berada di belakang gedung 4, tempat parkir ini sangat bagus dan terlihat megah. tempat parkir ini juga terhubung dengan jembatan antara gedung 4 dan tempat parkir agar mahasiswa tidak repot- repot turun kebawah dan naik keatas lagi untuk ke parkiran yang tinggi ini. tinggi tempat parkir ini setara gedung 4 tingkat. 

4. masjid


Masjid adalah tempat yang paling indah di kampus ini. mesjidnya cukup luas dan terdiri dari 2 lantai untuk laki-laki di bawah dan perempuan di lantai atas dan suasana masjid nya nyaman dan terdapat teras-teras di depan masjid untuk duduk-duduk santai selain mahasiswa bisa beribadah, mahasiswa juga bisa duduk- duduk sejenak melepas lelah setelah menjalani kuliah. tetapi sayangnya masjid ini terletak agak jauh dari gedung gedung lain.


Suatu hal yang sangat disayangkan lagi adalah kemacetan yang selalu terjadi di depan gerbang kampus E Universitas Gunadarma. Hal ini dapat dimaklumi karena sangat dekat dengan persimpangan jalan. Tetapi karena kemacetan ini tidak jarang orang yang mengalami kesulitan untuk keluar masuk ke kampus.


Di kampus ini juga tidak terdapat kantin, para mahasiswa yang ingin makan pada jam istirahat harus keluar dari kampus dan mencari tempat makan yang mereka suka. Terdapat banyak kelebihan dan kekurangan di kampus E Universitas Gunadarma ini. Tetapi walaupun begitu kampus ini tetap menjadi salah satu kampus favorit dari para mahasiswa Universitas Gunadarma


suasana kampus E itu sangat ramai, tempat nongkrong dimana-dimana, sambil nongkrong juga bisa sambil online jadi tidak bosan. Di depan kampus maupun belakang kampus juga terdapat banyak jajanan dan rumah makan harganya juga terjangkau sesuai dengan kantong anak kuliahan. Kampus E tempatnya sangat strategis karena banyak tempat photo copy, warnet, minimarket, dll di sekitar kampus.





visit here,, ok

0 komentar:






Komentar

My Visitors

free counters