Pages

Welcome Myspace Comments




Minggu

Resume Kuliah: Akuntansi Manajemen Suatu Perspektif


1.  Organisasi dan Tujuan-Tujuannya.

Pengertian Organisasi.

Menurut Dimock, organisasi adalah : “Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose”

(Organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan).

James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)

Pendapat lain  menyebutkan bahwa Organisasi adalah se- kelompok orang yang menyatu bersama karena beberapa tujuan bersama.

Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :

·        Orang-orang (sekumpulan orang),
·        Kerjasama,
·       Tujuan yang ingin dicapai,


Sasaran Organisasi
Sasaran merupakan Tujuan bersama yang mengarahkan kerja organisasi. Bagi beberapa organisasi sasarannya adalah membuat produk dan menghasilkan keuntungan

Perencanaan Strategis.
Dalam setiap organisasi, perencanaan strategis terjadi dalam dua tahap

1.  Keputusan mengenai produk yang akan dihasilkan dan/atau jasa yang akan diberikan.
2.  Keputusan mengenai strategi pemasaran dan/ atau produksi yang akan diikuti dalam rangka menyampaikan produk atau jasa yang dimaksud kepada pihak yang semestinya.


Tugas Manajemen.

Pada dasarnya manajer melaksanakan 4 (empat) fungsi umum dalam suatu organisasi :

1.  Perencanaan
2.  Pengorganisasian
3.  Pengendalian
4.  Pengambilan Keputusan

Perencanaan :
Manajer merancang beberapa langkah yang akan diambil dalam upaya menggerakkan organisasi ke arah sasarannya.

Pengorganisasian dan Pengarahan.
Manajer memutuskan bagaimana cara terbaik mengkombinasikan sumber daya manusia dengan sumber ekonomi lain yang menjadi milik perusahaan agar dapat menjalankan rencana yang ditetapkan.

Pengendalian
Dalam tugas ini, manajer mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap bagian organisasi berfungsi dengan efektifitas yang maksimal.

Pengambilan Keputusan 
Manajer berusaha membuat pilihan yang masuk akal di antara alternatif


Struktur Organisasi


·       Untuk menjalankan tugas manajemen diperlukan orang lain untuk membantunya.
·       Dengan melalui pembentukan struktur organisasi memungkinkan suatu desentralisasi tanggung jawab manajemen.

Desentralisasi


Yakni merupakan pelimpahan wewenang pengambilan keputusan melalui pengambilan tempat pengambilan keputusan ke tingkat manajemen terbawah yang dimungkinkan.

Hubungan Lini dan Staff


Jabatan lini adalah jabatan yang berhubungan langsung   dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi
Jabatan staff, tidak berhubungan langsung dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi

Informasi

Informasi adalah merupakan suatu fakta, data, pengamatan, persepsi atau sesuatu yang lain yang menambah pengetahuan dan diperlukan manusia untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan.


Dalam Akuntansi kita mengenal ada dua tipe, yakni :

1.  Akuntansi Keuangan
2.  Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen memiliki dua arti
1.  Sebagai Tipe Akuntansi
2.  Sebagai Tipe Informasi

Sebagai Tipe Akuntansi:
Akuntansi Manajemen merupakan suatu system Pengolah Informasi Keuangan yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi kepentingan pemakai intern organisasi

Sebagai Tipe Informasi .
Akuntansi Manajemen merupakan tipe informasi kuantitatif yang menggunakan uang sebagai satuan ukuran, yang digunakan untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan pengelolaan perusahaan.

Akuntansi Manajemen :
Adalah Informasi keuangan yang merupakan keluaran yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen, yang dimanfaatkan terutama oleh pemakai intern organisasi.


Persamaan Akuntansi Keuangan dan Manajemen :

1.  Prinsip akuntansi yang lazim diterima baik dalam akuntansi keuangan kemungkinan besar juga merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen.

2.  Menggunakan Sistem informasi operasi yang sama sebagai bahan baku untuk menghasilkan informasi yang disajikan kepada pemakainya.


Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi Keuangan merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen puncak dan pihak luar organisasi.

Akuntansi Manajemen merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.

Perbedaan pokok antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen adalah terletak pada :

No.
Unsur Perbedaan
Akuntansi Keuangan
Akuntansi Manajemen
1.
Dasar Pencatatan
Prinsip Akt yg lazim
Tidak terikat dengan Prinsip Akt yang lazim
2.
Fokus Informasi
Informasi masa lalu
“ .. dan Inf masa yg akan datang.
3.
Lingkup Informasi
Scr keseluruhan
Bagian perusahaan
4.
Sifat Laporan yang Dihasilkan
Berupa Ringkasan
Lbh rinci dan unsur taksiran lebih domi- nan.
5.
Keterlibatan dalam perilaku manusia
Lbh mementingkan pengukuran kejadi- an ekonomi
Lbh bersangkutan dengan pengukuran kinerja manajemen.
6.
Disiplin Sumber yang Melandasi
Ilmu Ekonomi
“… dan Ilmu Psiko logi Sosial.



Penggolongan Informasi

Secara garis besar informasi dapat dibagi menjadi dua yakni informasi kuantitatif dan informasi non kuantitatif.


Informasi kuantitatif
Informasi yang mengandung unsur jumlah secara kwantitatif Umumnya lebih berperan dalam mengurangi ketidakpastian jika dibandingkan dengan informasi non kuantitatif . (Contoh Perhitungan Payback period untuk menentukan apakah suatu investasi dapat diterima atau tidak)

Informasi akuntansi
Sebagai bahasa bisnis informasi akuntansi dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) yakni : informasi operasi, informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen .

Informasi Operasi
Informasi yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas kegiatan sehari-hari. Informasi ini merupakan bahan baku untuk mengolah tipe informasi akuntansi yang lain : informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen.

Informasi Akuntansi Keuangan


·  Dibutuhkan oleh manajemen puncak maupun pihak luar perusahaan untuk pengambilan keputusan.
·    Informasi ini biasanya disajikan kepada pihak luar perusahaan di dalam  laporan keuangan berbentuk neraca, laporan rugi/laba, laporan laba ditahan dan sebainya.

Informasi Akuntansi Manajemen


·  Diperlukan oleh Manajemen untuk melaksanakan dua fungsi pokok manajemen yakni : perencanaan dan pengendalian aktivitas
·    Dihasilkan oleh Sistem pengolah informasi yang disebut akuntansi manajemen
·  Bentuk laporan yang dihasilkan : anggaran, laporan penjualan, laporan biaya produksi, laporan biaya menurut pusat pertanggungjawaban, laporan menurut aktivitas, laporan biaya mutu, laporan biaya daur hidup produk (product life cycle cost)


Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

Terletak pada :

1.    Pemakai Informasi
2.    Frekwensi Pelaporan
3.    Skema Klasifikasi
4.    Orientasi Waktu
5.    Relevansi dan fleksibilitas data
6.    Presisi Informasi
7.    Unit pelaporan
8.    Sumber disiplin ilmu
9.    Regulasi
10.  Fleksibilitas laporan
11.  Kandungan informasi
12.  Kewajiban.

0 komentar:






Komentar

My Visitors

free counters