Pages

Welcome Myspace Comments




Minggu

Resume Kuliah: Analisis Biaya


Analisis Biaya –Volume Laba (Analisis Titik Impas)

Yakni merupakan salah satu alat analisis yang dapat digunakan untuk menghitung dampak perubahan harga jual, volume penjualan, dan biaya terhadap laba untuk membantu manajemen dalam perencanaan laba jangka pendek.

Dengan Analisis Biaya-Volume Laba perusahaan dapat mengambil kebijakan atau langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka untuk mencapai perolehan laba yang diharapkan.



Ada 3 (tiga) faktor yang mempengaruhi Laba : (1) volume produk yang dijual, (2) harga jual produk dan (3) biaya produksi

·     Sebagai contoh volume produk yang dijual akan berpengaruh terhadap volume produksi dalam artian semakin banyak produk yang dijual maka semakin banyak jumlah biaya produksi yang harus dikeluarkan.

·        Sedangkan biaya akan menentukan harga jual produk. Dalam penentuan harga jual tentunya perusahaan juga harus mempertimbangkan besarnya laba yang diharapkan.



Anggapan yang Mendasari Analisis Titik Impas

1.        Variabilitas biaya dianggap akan mendekati pola perilaku yang diramalkan. Biaya tetap akan selalu konstan dalam kisaran volume yang dipakai dalam perhitungan impas, sedangkan biaya variabel berubah sebanding dengan perubahan volume penjualan.

2.        Harga jual produk dianggap tidak berubah-ubah pada berbagai tingkat kegiatan. Jika dalam usaha menaikkan volume penjualan dilakukan penurunan harga jual atau dengan memberikan potongan harga, maka hal ini mempengaruhi hubungan biaya, volume dan laba.

3.        Kapasitas produksi pabrik dianggap secara relatif konstan. Penambahan fasilitas produksi akan berakibat pada penambahan biaya tetap dan akan mempengaruhi hubungan biaya-volume- laba.

4.        Harga faktor-faktor produksi dianggap tidak berubah. Jika harga bahan baku dan tarif upah menyimpang terlalu jauh dibanding dengan data yang dipakai sebagai dasar perhitungan impas, maka hal ini akan mempengaruhi hubungan biaya, volume laba.

5.        Efisiensi produksi dianggap tidak berubah.

6.        Perubahan jumlah persediaan awal dan akhir dianggap tidak signifikan.

7.        Komposisi produk yang akan dijual dianggap tidak berubah.



Rekayasa Parameter untuk Perencanaan
Laba Jangka Pendek

Impas :

Pehitungan dengan Pendekatan Teknis Persamaan
Yakni :  y = cx – bx – a  , dengan ketentuan : y = laba ; c = harga jual/sa tuan ; b = biaya variabel per satuan ; x = jumlah produk yang dijual dan a = biaya tetap.

Dalam keadaan impas , laba = 0 . Sehingga dapat dibuat suatu persamaan yakni sebagai berikut :

0 = cx – bx – a  ® cx = bx + a , sehingga : cx – bx = a
dan a = (c – b)x .  Jadi dapat ditentukan x =  a/(c-b)

Sedangkan impas dalam rupiah dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut :   a / (1 – b/c) ® 1 – b/c adalah Contribution Margin Ratio 

0 komentar:






Komentar

My Visitors

free counters