Pages

Welcome Myspace Comments




Rabu

Persyaratan dan Pengembangan Website

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Forrester Research tahun 1999, mengidikasikan bahwa 57% user menemukan informasi website dari internet melalui search engine. Pesan e-mail menduduki ranking ke dua sebesar 38%, dari website lain 35%, berita dari mulut ke mulut 28%, dan iklan cetak 25%.
Website pencari digunakan oleh ratusan juta pengguna internet untuk menemukan website, dan informasi di internet. Penempatan site yang tepat di website pencari ini akan dapat mendatangkan perbedaan besar dalam hal kedatangan traffic. Seperti bila memiliki ranking yang tinggi pada site-site terkenal seperti Yahoo, Google, Exite, maupun website popular lainnya akan sangat membantu dalam mendatangkan pengunjung.
Sayangnya, penempatan website di site pencari besar sering disalahartikan. Kesuksesan dalam memperoleh tempat yang baik dalam daftar pencarian sangat tergantung dengan proses submission yang sangat hati-hati, keywoard, meta tag, dan pengetahuan teknis lainnya.
Berita baiknya adalah kerja yang baik dalam penempatan diri di search engine, pengetahuan yang dapat menempatkan website pada posisi yang baik, merupakan keunggulan yang tidak dapat dibeli.

ISI MAKALAH

PERSYARATAN DAN PENGEMBANGAN WEBSITE

1.                  Front End dan Back End
Front End adalah tampilan dari sebuah site sebagai bentuk dari gabungan desain grafis dan HTML, sering disbut juga User Interface. Site yang populer adalah site yang men-support pengunjung seluruh dunia pada bandwith rendah, maksimum pada 20 KB per page.UI pada website lah yang akan menjelaskan kepada user tentang apa yang ditawarkan dalam website.
Back End adalah tempat untuk menjelaskan bagaimana menangani bagian-bagian yang dinamis dari sebuah website seperti, newsletter, administrator page, database registrasi, contact page, atau aplikasi web yang sangat rumit lainnya. Interface Back End dan UI inilah yang dapat membuat sebuah site dapat berjalan.

2.                  Pemilihan server
Sebagian besar website bisnis dan organisasional hostingnya dilakukan oleh Internet Hosting Service, sebuah vendor yang menawarkan space sewaan pada kliennya untuk menempatkan site-site internet pada komputer mereka.
Bentuk database yang akan digunakan disesuaikan dengan seberapa cepat content site akan diskala. Apabila diawali dengan low end database, biasanya sudah termasuk dalam paket hosting sewaan. Tetapi apabila traffic site sudah mulai cukup kuat, atau akan memproyeksi traffic yang tinggi segera setelah launching, ada baiknya menggunakan web-oriented multithreatered database, seperti Oracle atau SQL Server. Perlu dipertimbangkan pula tentang keamanan data terutama yang menyangkut masalah keuangan seperti pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

2.1       Kebutuhan akan sumber daya
Poin terpenting dari rencana website adalah membuat resource requirement sesuai dengan objek dan kebutuhan yang diinginkan. Faktor pandangan alokasi resource yang realistik dan biaya yang sebenarnya perlu dipertimbangkan dengan matang. Rencana pengembangan bersama dengan front end dan back end requirement akan membantu dalam mengalokasikan angka resource yang tepat untuk setiap waktu di masa datang, sebagamana membantu dalam berkomunikasi dengan resource dari luar yang mungkin dipertimbangkan untuk disewa. Dengan menyewa ahli untuk membangun, mengatur dan memelihara website, tentu akan menghabiskan dana yang cukup besar yang perlu kita pertimbangkan.

2.2       Masa depan Web Development
Di dalam perencanaan harus ada pandangan tentang bagaimana website akan tumbuh dan berkembang, perbaikan macam apa yang mungkin ada di masa akan datang, dan bagaimana objek dan resource requirement dapat berubah nantinya. Sejalan dengan itu, perlu dipertimbangkan juga perubahan atau tambahan benefit, perbaikan dan fungsionalitas yang direncanakan untuk ditawarkan masa datang. Gunakan development plan untuk rencana ke depan yang selalu berubah setiap saat dan dengan cepat sehingga tidak tertinggal informasi, dengan menggunakan link, seperti cnet list of development tool, Yahoo list on Web programming tools, dan Yahoo list on Web page creation sebagai tolok ukur.

3.                  Internet Advertising
Hampir setiap orang di dunia merupak subjek advertising. Media iklan paling umum di web adalah banner, tetapi masih ada banyak kemungkinan lain seperti sponsorship, kontes, e-mail edvertising, atau media lain.

3.1       Advertising sebagai komunikasi
Advertising adalah komunikasi, yang mengirimkan pesan. Advertising adalah salah satu wilayah bisnis dimana tidak ada seorangpun mengambil resiko yang tidak perlu, advertising seharusnya dapat mendukung dan memperbaiki krediblitas perusahaan dan solusi aktif dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.


  • Pemilihan Tujuan yang Paling Tepat
Taktik advertising harus dapat menyampaikan pesan-pesan perusahaan kepasar sasaran.Jika yang menjadi target adalah grup kecil akan sangat mudah  mengidentifilasikannya dengan faktor-faktor seperti geografi dan demografi jangan belanjakan uang untuk mencapai grup lebih besar.
  • Pesan Iklan
Setiap kampanye iklan harus melibatkan psan, pastikan untuk mamahami pesan yang akan dikirimkan kekonsumen sasaran.
3.2       Beriklan di Internet
Beriklan di internet  yang akan mengungkapkan beberapa hal penting yang perlu di ketahui mengenai iklan di internet.
Beberapa kaidah yang umum diterima dalam advertising di internet antara lain:
  1. Iklan harus menarik secara visual
  2. Iklan harus ditargetkan pada grup tertentu atau konsumen individual, iklan harus memiliki kepribadian dan dapat berbicara pada level personal.
  3. Isinya harus cukup bernilai bagi konsumen.
  4. Iklan harus merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan.
  5. Iklan setidaknya dihubungkan langsung dengan proses pemesanan.
  6. Pendesainan iklan internet.

Dalam buku Success Determinants of E-Commerce Web Site Desain yang ditulis oleh D.Gehrke dan Efraim Turban mengidentifikasikan bahwa ada 50 variabel yang meningkatkan (menurunkan) kepuasan pembeli terhadap halaman web dan kerelaan mereka dalam membaca iklan. Dan 50 variabel itu dibagi menjadi 5 kategori :



1.      Page- Loading Speed
§  Tampilan grafis dan tabel-tabel harus sederhana dan penuh makna dan dapat disesuaikan dengan monitor standar
§  Thumbnails (icon graphs) haruslah memiliki fungsi yang sangat membantu.

2.      Business content
§  Text yang ringkas dan jelas sangatlah di perlukan suatu keharmonisan antara page title dan header text.
§  Jumlah informasi yang diminta untuk pendapatan haruslah minimal.

3.      Navigation efficiency
§  Keharusan link yang penuh arti, akurat dan menarik pada setiap iklan.
§  Site harus kompatibel
§  Security dan Privacy
§  Adanya kepastian akan keamanan dan privasi
§  Penolakan pilihan cookies merupakan keharusan.

4.      Marketing customer focus
§  ­Terdapat kejelasan mengenai term and condition pembelian, termasuk informasi pengiriman
§  Kebijakan pengembelian, dsb
§  Adanya halaman konfirmasi yang muncul setelah proses pemesanan dilakukan.
Iklan yang didesain telah mengikuti kaidah-kaidah tersebut, maka pengiklan atau webmaster dapat mengimplementasikan iklan berbasis internet dengan salah satu atau kombinasi dari strategi-strategi beriklan di internet.
5.      Internet advertising
Pengguna internet merupakan salah satu target yang diincar oleh pengiklan, alasan lain mengapa pengiklan di internet tumbuh sangat cepat antara lain:
§  Iklan dapat di update setiap saat dengan biaya minimal.
§  Iklan dapat meraih pembeli potensial dalam jumlah besar secara global.
§  Iklan online kadang lebih murah bila dibandingkan dengan televisi.
§  Koran atau Radio.Biaya iklan offline ini semakin mahal karena menetapkan harga berdasar tempat atau space, berapa lama iklan  itampilkan, berapa banyak negara dan stasiun televisi lokal dan koran yang akan memasangnya.
§  Iklan di web dapat secara efisien menggabungkan antara text,audio,grafis dan animasi.
§  Pengguna internet sendiri semakin hari semakin bertambah secara global.
§  Iklan web dapat menjadi sangat interaktif dan ditargetkan pada grup tertentu atu individual.
Terdapat beberapa metode utama yang sering digunakan untuk iklan internet:
1.      Banner
Terdapat dua tipe banner yanga da di internet yaitu keyword banner dan random banner. Keyword banner akan muncul ketika sebuah kata di masukan kedalam search engine, random banner muncul secara random atau acak. Banner merupakan strategi pemasaran “force advertising” yang artinya pengunjung internet di paksa untuk melihatnya jika banner tersebut benar-benar menarik perhatian. Kelemahannya adalah sempitnya tempat membuat hanya sedikit imformasi yang tertampung. Bentuk banner yang paling umum di pakai yaitu:
-          Banner Swapping artinya perusahaan A setuju untuk menampilkan banner perusahaan B, dengan maksud agar perusahaan B menampilkan iklan perusahaan A, inilah yang di sebut direct link antar website.
-          Banner Exchange, merupakan organisasi yang mengatur trading antara tiga atu lebih partner.
-          Paid Advertising, Membeli space iklan banner di internet sama seperti membeli space iklan di media lainnya.

2.      Splash Screen
Splash Screen adalah initial website page yang dipakai untuk menarik perhatian user beberapa saat untuk berpromosi atau menggiring mereka ke site homepage atau memberi tahu user jenis browser atau software lain yang mereka perlukan untuk menampilkan site. Keunggulan utama dari splash page di internet di banding metode advertising lain adalah pengiklan dapat menciptakan efek multimedia inovatif atau menyediakan informasi  yang dibutuhkan untuk pengiriman dan kunjungan sesorang.
3.      Spot Leasing
Kelemahan spot leasing adalah ukuran iklannya kecil dan terbatas, menyebabkan banyak user yang tidak diperhatikan dan biayanya sangat tinggi.
4.      URL ( Universal Resource Locators )
Keuntungan menggunakan URL sebagai advertising tool, yaitu bahwa URL ini gratis dan pengiklan dapat mengunci target audience dan menyaring user yang tidak di inginkan karen fungsi keyword. Dilain pihak metode URL memiliki beberapa kelemahan. Karena tingginya persaingan, kedudukan URL di posisi teratas list search engine dapat digeser orang lain.

5.      E-mail
Cara lain untuk beriklan di internet adalah dengan e-mail. Dengan menggunakan media e-mail, pengiklan dapat lebih menghemat dari segi pembiayaan dan dapat lebih banyak mencapai target audience dalam jumlah besar.

6.      Chat room
Chat room mengacu pada pengaturan dimana partisipan dapat bertujar pesan secara real time. Chat room sangat cocok untuk metode marketing one to one connections  antara perusahaan dengan pelanggannya karena dapat digunakan membangun komunitas tertentu untuk mempromosikan isu.


7.      Bentuk lain
Online advertisiment  dapat dilakukan dalam berbagai cara lain mulai dari beriklan di newsgroup sampai dengan pemanfaatan warnet.

3.3       Strategi dan Implemntasi Intenet Advertising
Terdapat empat strategi dalam beriklan di internet :
1.         Passive pull strategy
Konsumen akan mengunjungi site jika site tersebut menyediakan content yang berguna dan displaynya menarik.

2.         Active push strategy
Pengiklan secara aktif mengirim e-mail kepada calon konsumennya yang berkaitan dengan produk yang dijualnya agar mengunjungi site yang telah disediakannya
3.         Associated Display strategy
Pengiklan mendisplay banner di halaman-halam yang yang diakses oleh user/konsumen

4.         Ad as Commodity
Pengiklan menjual produknya berupa iklan yang dipasang di website nya.
3.4  Strategy Pencarian
Berhubungan dengan site pencarian di internet dapat menjadi sangat kritis dalam meningkatkan traffic website. Sebagian besar user menemukan informasi yang diinginkannya melalui search engine.

4.                  Analisis Keuangan
4.1              Anggaran
Tingkat pengeluaran merupakan kondisi yang strategis dan sangat taktikal. Anggaran merupakan bagian dari sebuah rencana. Keuntungan dari pembuatan dan penggunaan anggaran website :
  1. Tujuan dari anggaran website adalah untuk mengkontrol pengeluaran dan memproyeksi pendapatan.
  2. Membantu dalang mengkoordinasikan aktivitas bisnis lainnya.
  3. Dapat memantapkan sebuah standar performance dari action dan mengkomunikasikan standar-standar tersebut pada penanggung jawab.
  4. Alat untuk mempertahankan target dan mengindikasikan jika terdapat beberapa modifikasi yang diperlukan pada rencana web.

4.2       Pendekatan Penganggaran Web
Terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan dalam membuat anggaran. Garis besar pedoman dalam membuat anggaran :
  1. Pengeluaran untuk iklan dan operasional
  2. Prosentase penjualan
  3. Prosentase projected gross sales
  4. Prosentase past gross sales
  5. Per unit penjualan
  6. Alokasi musiman
  7. Proyeksi aliran kas

Anggaran merupakan bagian dari bisnis forecasting, maka perlu melihat proses anggaran sebagai prespektif. Dengan berdasarkan ferformance anggaran di masa lalu, maka kita dapat membuat proyeksinya untuk anggaran di masa datang.



PENUTUP
Kesimpulan
Persyaratan Dan Pengembangan Website Meliputi :
Front End dan Back End
Front End adalah tampilan dari sebuah site sebagai bentuk dari gabungan desain grafis dan HTML, sering disbut juga User Interface.
Back End adalah tempat untuk menjelaskan bagaimana menangani bagian-bagian yang dinamis dari sebuah website seperti, newsletter, administrator page, database registrasi, contact page, atau aplikasi web yang sangat rumit lainnya.
Pemilihan Server
Sebagian besar website bisnis dan organisasional hosting-nya dilakukan oleh internet hosting service, sebuah vendor yang menawarkan space sewaan pada kliennya untuk menempatkan site-site internet pada komputer mereka.
Internet Advertising
Advertising adalah komunikasi, yang mengirimkan pesan. Advertising adalah salah satu wilayah bisnis dimana tidak ada seorang pun ingin mengambil resilo yang tidak perlu. Advertising seharusnya dapat mendukung dan memperbaiki kredibilitas perusahaan dan solusi aktif dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.
Analisis Keuangan
Terdapat beberapa keuntungan dari pembuatan dan penggunaan anggaran website spesifik
·         Tujuan dari anggaran website adalah untuk mengkontrol pengeluaran dan memproyeksikan pendapatan
·         Anggaran website juga membantu dalam mengkoordinasi aktifitas bisnis lainnya seperti marketing dan support dalam eseluruhan organisasi.
·         Anggaran yang realistis dapat menantapkan standar performace dari action, dan mengkomunikasikan standar- standar tersebut pada penanggung jawab lain untuk mengimplementasikan strategi marketingnya.
·         Anggaran yang dibuat dengan baik juga merupakan alat untuk mempertahankan targer dan mengidentifikasikan jika terdapat beberapa modifikasi yang diperlukan pada rencana web – terutama jika terjadi sesuatu yang benar atau salah.

Saran
Jangan pernah melupakan business forecasting fundamentals. Sebuah anggaran merupakan educated guess dan alat manajemen. Anggaran sebagai bagian dari business forecasting. Oleh karena itu, perlu sekali untuk selau melihat proses anggaran sebagai perspektif, sebab nantinya akan dibuat beberapa rangkaian educated guess. Satu cara terbaik membuat anggaran adalah dengan membuat proyeksinya berdasarkan performance yang lalu.
Ada banyak cara untuk dapat memperoleh manfaat pemasaran yang cukup besar dari free activity, barter, aliansi, dan public relation. Kreativitas adalah salah satu teman terbaik anggran. Jika perlu, pertimbangkan cara-cara non-tradisional untuk memaksimalkan anggaran rupiah dan menyertakannya ke dalam proyeksi anggaran.
  
DAFTAR PUSTAKA


0 komentar:






Komentar

My Visitors

free counters