PENDAHULUAN
Latar Belakang
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Forrester Research tahun
1999, mengidikasikan bahwa 57% user menemukan informasi website dari internet
melalui search engine. Pesan e-mail menduduki ranking ke dua sebesar 38%, dari
website lain 35%, berita dari mulut ke mulut 28%, dan iklan cetak 25%.
Website pencari digunakan oleh ratusan juta pengguna internet
untuk menemukan website, dan informasi di internet. Penempatan site yang tepat
di website pencari ini akan dapat mendatangkan perbedaan besar dalam hal
kedatangan traffic. Seperti bila memiliki ranking yang tinggi pada site-site
terkenal seperti Yahoo, Google, Exite, maupun website popular lainnya akan
sangat membantu dalam mendatangkan pengunjung.
Sayangnya, penempatan website di site pencari besar sering
disalahartikan. Kesuksesan dalam memperoleh tempat yang baik dalam daftar
pencarian sangat tergantung dengan proses submission yang sangat hati-hati,
keywoard, meta tag, dan pengetahuan teknis lainnya.
Berita baiknya adalah kerja yang baik dalam penempatan diri di
search engine, pengetahuan yang dapat menempatkan website pada posisi yang
baik, merupakan keunggulan yang tidak dapat dibeli.
ISI MAKALAH
PERSYARATAN DAN PENGEMBANGAN WEBSITE
1.
Front End dan Back End
Front
End adalah
tampilan dari sebuah site sebagai bentuk dari gabungan desain grafis dan HTML,
sering disbut juga User Interface. Site
yang populer adalah site yang men-support pengunjung seluruh dunia pada
bandwith rendah, maksimum pada 20 KB per page.UI pada website lah yang akan
menjelaskan kepada user tentang apa yang ditawarkan dalam website.
Back End adalah tempat untuk
menjelaskan bagaimana menangani bagian-bagian yang dinamis dari sebuah website
seperti, newsletter, administrator page, database registrasi, contact
page, atau aplikasi web yang sangat rumit lainnya. Interface Back End dan UI inilah yang dapat
membuat sebuah site dapat berjalan.
2.
Pemilihan server
Sebagian
besar website bisnis dan organisasional hostingnya dilakukan oleh Internet Hosting Service, sebuah vendor yang
menawarkan space sewaan pada kliennya
untuk menempatkan site-site internet pada komputer mereka.
Bentuk database yang akan digunakan
disesuaikan dengan seberapa cepat content site akan diskala. Apabila diawali
dengan low end database, biasanya sudah termasuk dalam
paket hosting sewaan. Tetapi apabila traffic site sudah mulai cukup kuat, atau
akan memproyeksi traffic yang tinggi segera setelah launching, ada baiknya menggunakan web-oriented multithreatered database, seperti Oracle atau SQL Server. Perlu
dipertimbangkan pula tentang keamanan data terutama yang menyangkut masalah
keuangan seperti pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
2.1 Kebutuhan akan sumber daya
Poin
terpenting dari rencana website adalah membuat resource
requirement sesuai dengan objek dan kebutuhan yang diinginkan.
Faktor pandangan alokasi resource yang realistik dan biaya yang sebenarnya
perlu dipertimbangkan dengan matang. Rencana pengembangan bersama dengan front
end dan back end requirement akan membantu dalam mengalokasikan angka resource
yang tepat untuk setiap waktu di masa datang, sebagamana membantu dalam
berkomunikasi dengan resource dari luar yang mungkin dipertimbangkan untuk
disewa. Dengan menyewa ahli untuk membangun, mengatur dan memelihara website,
tentu akan menghabiskan dana yang cukup besar yang perlu kita pertimbangkan.
2.2 Masa depan Web Development
Di dalam
perencanaan harus ada pandangan tentang bagaimana website akan tumbuh dan
berkembang, perbaikan macam apa yang mungkin ada di masa akan datang, dan
bagaimana objek dan resource requirement dapat berubah nantinya. Sejalan dengan
itu, perlu dipertimbangkan juga perubahan atau tambahan benefit, perbaikan dan
fungsionalitas yang direncanakan untuk ditawarkan masa datang. Gunakan
development plan untuk rencana ke depan yang selalu berubah setiap saat dan
dengan cepat sehingga tidak tertinggal informasi, dengan menggunakan link,
seperti cnet list of development tool, Yahoo list on Web programming
tools, dan Yahoo list on Web page
creation sebagai tolok ukur.
3.
Internet Advertising
Hampir
setiap orang di dunia merupak subjek advertising. Media iklan paling umum di
web adalah banner, tetapi masih ada banyak kemungkinan lain seperti sponsorship, kontes, e-mail edvertising, atau media lain.
3.1 Advertising sebagai komunikasi
Advertising adalah komunikasi, yang
mengirimkan pesan. Advertising adalah salah satu
wilayah bisnis dimana tidak ada seorangpun mengambil resiko yang tidak
perlu, advertising seharusnya dapat mendukung dan
memperbaiki krediblitas perusahaan dan solusi aktif dalam memenuhi kebutuhan
konsumennya.
- Pemilihan Tujuan yang Paling Tepat
Taktik advertising harus
dapat menyampaikan pesan-pesan perusahaan kepasar sasaran.Jika yang menjadi
target adalah grup kecil akan sangat mudah mengidentifilasikannya dengan
faktor-faktor seperti geografi dan demografi jangan belanjakan uang untuk
mencapai grup lebih besar.
- Pesan Iklan
Setiap
kampanye iklan harus melibatkan psan, pastikan untuk mamahami pesan yang akan
dikirimkan kekonsumen sasaran.
3.2 Beriklan di Internet
Beriklan di internet yang akan
mengungkapkan beberapa hal penting yang perlu di ketahui mengenai iklan di
internet.
Beberapa kaidah yang umum diterima
dalam advertising di internet antara lain:
- Iklan harus menarik secara
visual
- Iklan harus ditargetkan pada
grup tertentu atau konsumen individual, iklan harus memiliki kepribadian
dan dapat berbicara pada level personal.
- Isinya harus cukup bernilai
bagi konsumen.
- Iklan harus merupakan bagian
dari strategi pemasaran secara keseluruhan.
- Iklan setidaknya dihubungkan
langsung dengan proses pemesanan.
- Pendesainan iklan internet.
Dalam
buku Success Determinants of E-Commerce Web Site Desain yang
ditulis oleh D.Gehrke dan Efraim Turban mengidentifikasikan bahwa ada 50
variabel yang meningkatkan (menurunkan) kepuasan pembeli terhadap halaman web
dan kerelaan mereka dalam membaca iklan. Dan 50 variabel itu dibagi menjadi 5
kategori :
1. Page- Loading Speed
§ Tampilan grafis dan tabel-tabel
harus sederhana dan penuh makna dan dapat disesuaikan dengan monitor standar
§ Thumbnails (icon graphs) haruslah
memiliki fungsi yang sangat membantu.
2. Business content
§ Text yang ringkas dan jelas
sangatlah di perlukan suatu keharmonisan antara page title dan header text.
§ Jumlah informasi yang diminta untuk
pendapatan haruslah minimal.
3. Navigation efficiency
§ Keharusan link yang penuh arti,
akurat dan menarik pada setiap iklan.
§ Site harus kompatibel
§ Security dan Privacy
§ Adanya kepastian akan keamanan dan
privasi
§ Penolakan pilihan cookies merupakan keharusan.
4. Marketing customer focus
§ Terdapat kejelasan mengenai term and condition pembelian, termasuk informasi
pengiriman
§ Kebijakan pengembelian, dsb
§ Adanya halaman konfirmasi yang
muncul setelah proses pemesanan dilakukan.
Iklan yang didesain telah mengikuti kaidah-kaidah tersebut,
maka pengiklan atau webmaster dapat mengimplementasikan iklan berbasis internet
dengan salah satu atau kombinasi dari strategi-strategi beriklan di internet.
5. Internet advertising
Pengguna internet merupakan salah satu target yang diincar
oleh pengiklan, alasan lain mengapa pengiklan di internet tumbuh sangat cepat
antara lain:
§ Iklan dapat di update setiap saat
dengan biaya minimal.
§ Iklan dapat meraih pembeli potensial
dalam jumlah besar secara global.
§ Iklan online kadang lebih murah bila
dibandingkan dengan televisi.
§ Koran atau Radio.Biaya iklan offline
ini semakin mahal karena menetapkan harga berdasar tempat atau space, berapa
lama iklan itampilkan, berapa banyak
negara dan stasiun televisi lokal dan koran yang akan memasangnya.
§ Iklan di web dapat secara efisien
menggabungkan antara text,audio,grafis dan animasi.
§ Pengguna internet sendiri semakin
hari semakin bertambah secara global.
§ Iklan web dapat menjadi sangat
interaktif dan ditargetkan pada grup tertentu atu individual.
Terdapat
beberapa metode utama yang sering digunakan untuk iklan internet:
1.
Banner
Terdapat dua tipe banner yanga da di
internet yaitu keyword banner dan random banner. Keyword banner akan muncul
ketika sebuah kata di masukan kedalam search engine, random banner muncul
secara random atau acak. Banner merupakan strategi pemasaran “force advertising” yang artinya pengunjung
internet di paksa untuk melihatnya jika banner tersebut benar-benar menarik
perhatian. Kelemahannya adalah sempitnya tempat membuat hanya sedikit imformasi
yang tertampung. Bentuk banner yang paling umum di pakai yaitu:
-
Banner Swapping artinya perusahaan A setuju untuk menampilkan banner perusahaan B, dengan maksud agar
perusahaan B menampilkan iklan perusahaan A, inilah yang di sebut direct link
antar website.
-
Banner Exchange, merupakan organisasi yang mengatur
trading antara tiga atu lebih partner.
-
Paid Advertising, Membeli space iklan banner di
internet sama seperti membeli space iklan di media lainnya.
2.
Splash Screen
Splash Screen adalah initial website page yang dipakai untuk
menarik perhatian user beberapa saat untuk berpromosi atau menggiring mereka ke
site homepage atau memberi tahu user jenis browser atau software lain yang
mereka perlukan untuk menampilkan site. Keunggulan utama dari splash page di
internet di banding metode advertising lain adalah pengiklan dapat menciptakan
efek multimedia inovatif atau menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk
pengiriman dan kunjungan sesorang.
3.
Spot Leasing
Kelemahan spot leasing adalah ukuran iklannya kecil dan
terbatas, menyebabkan banyak user yang tidak diperhatikan dan biayanya sangat
tinggi.
4.
URL ( Universal Resource Locators )
Keuntungan menggunakan URL sebagai
advertising tool, yaitu bahwa URL ini gratis dan pengiklan dapat mengunci
target audience dan menyaring user yang tidak di inginkan karen fungsi keyword.
Dilain pihak metode URL memiliki beberapa kelemahan. Karena tingginya
persaingan, kedudukan URL di posisi teratas list search engine dapat digeser
orang lain.
5.
E-mail
Cara lain untuk beriklan di internet
adalah dengan e-mail. Dengan menggunakan media e-mail, pengiklan dapat lebih
menghemat dari segi pembiayaan dan dapat lebih banyak mencapai target audience
dalam jumlah besar.
6.
Chat room
Chat room mengacu pada pengaturan
dimana partisipan dapat bertujar pesan secara real time. Chat
room sangat cocok untuk metode marketing one to one
connections antara perusahaan dengan pelanggannya karena
dapat digunakan membangun komunitas tertentu untuk mempromosikan isu.
7.
Bentuk lain
Online advertisiment dapat dilakukan dalam berbagai
cara lain mulai dari beriklan di newsgroup sampai dengan pemanfaatan warnet.
3.3 Strategi dan Implemntasi Intenet Advertising
Terdapat empat strategi dalam
beriklan di internet :
1.
Passive pull strategy
Konsumen
akan mengunjungi site jika site tersebut menyediakan content yang berguna dan
displaynya menarik.
2.
Active push strategy
Pengiklan secara aktif mengirim
e-mail kepada calon konsumennya yang berkaitan dengan produk yang dijualnya
agar mengunjungi site yang telah disediakannya
3.
Associated Display strategy
Pengiklan
mendisplay banner di halaman-halam yang yang diakses oleh user/konsumen
4.
Ad as Commodity
Pengiklan menjual produknya berupa
iklan yang dipasang di website nya.
3.4
Strategy Pencarian
Berhubungan
dengan site pencarian di internet dapat menjadi sangat kritis dalam
meningkatkan traffic website. Sebagian besar user menemukan informasi yang
diinginkannya melalui search engine.
4.
Analisis Keuangan
4.1
Anggaran
Tingkat
pengeluaran merupakan kondisi yang strategis dan sangat taktikal. Anggaran
merupakan bagian dari sebuah rencana. Keuntungan dari pembuatan dan penggunaan
anggaran website :
- Tujuan dari anggaran website
adalah untuk mengkontrol pengeluaran dan memproyeksi pendapatan.
- Membantu dalang
mengkoordinasikan aktivitas bisnis lainnya.
- Dapat memantapkan sebuah
standar performance dari action dan mengkomunikasikan standar-standar
tersebut pada penanggung jawab.
- Alat untuk mempertahankan
target dan mengindikasikan jika terdapat beberapa modifikasi yang
diperlukan pada rencana web.
4.2 Pendekatan Penganggaran Web
Terdapat beberapa pendekatan yang
dapat dilakukan dalam membuat anggaran. Garis besar pedoman dalam membuat
anggaran :
- Pengeluaran untuk iklan dan
operasional
- Prosentase penjualan
- Prosentase projected gross sales
- Prosentase past gross sales
- Per unit penjualan
- Alokasi musiman
- Proyeksi aliran kas
Anggaran
merupakan bagian dari bisnis forecasting, maka
perlu melihat proses anggaran sebagai prespektif. Dengan berdasarkan
ferformance anggaran di masa lalu, maka kita dapat membuat proyeksinya untuk
anggaran di masa datang.
PENUTUP
Kesimpulan
Persyaratan
Dan Pengembangan Website Meliputi :
Front
End dan Back End
Front End adalah
tampilan dari sebuah site sebagai bentuk dari gabungan desain grafis dan HTML,
sering disbut juga User Interface.
Back End adalah
tempat untuk menjelaskan bagaimana menangani bagian-bagian yang dinamis dari
sebuah website seperti, newsletter, administrator page, database registrasi, contact page, atau
aplikasi web yang sangat rumit lainnya.
Pemilihan
Server
Sebagian besar website bisnis dan
organisasional hosting-nya dilakukan oleh internet hosting service, sebuah
vendor yang menawarkan space sewaan pada kliennya untuk menempatkan site-site
internet pada komputer mereka.
Internet
Advertising
Advertising adalah
komunikasi, yang mengirimkan pesan. Advertising adalah salah satu wilayah
bisnis dimana tidak ada seorang pun ingin mengambil resilo yang tidak perlu.
Advertising seharusnya dapat mendukung dan memperbaiki kredibilitas perusahaan
dan solusi aktif dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.
Analisis
Keuangan
Terdapat beberapa keuntungan dari
pembuatan dan penggunaan anggaran website spesifik
·
Tujuan dari anggaran website adalah untuk mengkontrol
pengeluaran dan memproyeksikan pendapatan
·
Anggaran website juga membantu dalam mengkoordinasi
aktifitas bisnis lainnya seperti marketing dan support dalam eseluruhan
organisasi.
·
Anggaran yang realistis dapat menantapkan standar performace
dari action, dan mengkomunikasikan standar- standar tersebut pada penanggung
jawab lain untuk mengimplementasikan strategi marketingnya.
·
Anggaran yang dibuat dengan baik juga merupakan alat untuk
mempertahankan targer dan mengidentifikasikan jika terdapat beberapa modifikasi
yang diperlukan pada rencana web – terutama jika terjadi sesuatu yang benar
atau salah.
Saran
Jangan pernah melupakan business forecasting fundamentals. Sebuah
anggaran merupakan educated guess dan alat manajemen. Anggaran sebagai bagian
dari business forecasting. Oleh karena itu, perlu sekali untuk selau melihat
proses anggaran sebagai perspektif, sebab nantinya akan dibuat beberapa
rangkaian educated guess. Satu cara terbaik membuat anggaran adalah dengan
membuat proyeksinya berdasarkan performance yang lalu.
Ada banyak cara untuk dapat memperoleh manfaat pemasaran yang
cukup besar dari free activity, barter, aliansi, dan public relation.
Kreativitas adalah salah satu teman terbaik anggran. Jika perlu, pertimbangkan
cara-cara non-tradisional untuk memaksimalkan anggaran rupiah dan
menyertakannya ke dalam proyeksi anggaran.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar